Situs Wisata Makam Besar Sultan Malik As-Saleh

Makam Besar Di Samudera Pasai salah satu situs sejarah yang wajib di kunjungi, bila anda ke samudera pasai sayang sekali jika melewatkan situs sejarah ini. Samudera Pasai adalah Salah Satu Tempat Wisata yang banyak di kunjungi orang baik dari dalam maupun luar negeri yaitu pemandangan berupa Makam-makam Raja atau Sultan dan Ratu atau Sultanah, dimana duhulu kala di sana ada kerajaan islam pertama Indonesia.

Kerajaan Samudera Pasai terletak di Aceh, dan merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Meurah Silu pada tahun 1267 M. Bukti-bukti arkeologis keberadaan kerajaan ini adalah ditemukannya makam raja-raja Pasai di Geudong Aceh Utara. 

Makam ini terletak di dekat reruntuhan bangunan pusat kerajaan Samudera di desa Beuringin, kecamatan Samudera, sekitar 17 km sebelah timur Lhokseumawe. Di antara makam raja-raja tersebut, terdapat nama Sultan Malik al-Saleh, Raja Pasai pertama. Malik al-Saleh adalah nama baru Meurah Silu setelah ia masuk Islam, dan merupakan Sultan Islam pertama di Indonesia. Berkuasa lebih kurang 29 tahun (1297-1326 M). Kerajaan Samudera Pasai merupakan gabungan dari Kerajaan Pase dan Peurlak, dengan raja pertama Malik al-Saleh. Perhatikan peninggalan kerajaan berikut ini :
Di Komplek Makam Sulthanah Risyah
Di komplek Makam Sulthanah Risyah
Makam Sultan Malik Al-Saleh
Makam Sultan Malik As-Saleh
Makam Teungku Sidi Abdullah menteri keuangan kerajaan Samudera Pasai
Di Makam Sulthanah Risyah
Makam Sulthanah Risyah

Ini beberapa foto dari foto makam besar di samudera pasai semoga bermanfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi web blog saya, jangan lupa memberi komentar saran yang membangun, Semoga bermanfaat !

Selamat Datang Di Web Blog The Nilawati Site, Saya mengucapkan banyak Terimakasih bagi siapapun yang sudah mengunjunginya.

Arsip Blog

Label

Arsip Blog

Terbaru

Komentar